Balada Anak IPA


Hello, guys! Duh, udah lama banget gak nulis disini. Bisa dibilang, ini adalah postingan pertama gue  di tahun 2015. Parah banget ya gue :( Dan sekalinya nge post malah curhat gini. Hehe. Gak apa-apa kan? Gak apa-apa dong! :)

Oke, sekarang ini sebenarnya gue cuma mau cerita aja suka dukanya gue selama hampir 2 tahun gue berada di kelas IPA. Asli, ga mudah banget ada di kelas IPA itu. Lo bener-bener harus KUAT MENTAL buat menghadapi segala tantangan yang ada. Kalo lo gak cukup mampu, lo bakal terpuruk dan keseret-seret. Ini asli, loh.

Udah banyak banget jatuh bangun yang gue lakukan saat gue berada di kelas itu. Gue pernah nangis, lebih dari satu kali. Itu gara-gara gue ngerasa, "Andai! Kenapa sih gue ga bisa-bisa?! Apa yang salah sama gue sampe akhirnya semua jadi sulit kayak gini?!". Gue nangis di meja, dengan ditemani puk puk an temen sebelah gue (yang pinternya jauh bgt dari gue). Yang paling terakhir gue inget sih, gue nangis waktu pelajaran kimia. Waktu itu ulangan, dan gue cuma dapet 5.

Di kelas IPA juga, sekalinya ga masuk, kesana-sananya lo bakal ga ngerti terus. Asli, gila banget. Awalnya udah manggut-manggut ngerti. Tapi suatu ketika, lo ga bisa masuk sekolah (sakit/izin), dan saat lo masuk lagi, lo udah ngerasa kayak orang paling bodo aja -.- Yang kayak gini nih nurunin mental abis. Mau ngejar juga da asa bingung mau gimana. Udah keteteeeer...

Tugas yang banyak, kayaknya udah gak usah ditanya lagi. Setiap hari tuh udah kayak dituntut buat ngerjain soal, soal, soal, dan soal. Belum lagi dengan tugas lainnya, atau apapun yang menguras tenaga dan pikiran. Lama-lama capek juga. Sekedar cerita aja, gue pernah (lebih dari satu kali) gak masuk seharian cuman buat nambal tugas. Dan bodohnya, gue baru nyadar kalo hal itu bukan cara yang efektif. Jadi semacam tutup lubang, gali lubang lagi. Sedih kan jadinya.

Dan yang paling menyulitkan buat gue adalah, ujian praktek yang bisa bikin panik setengah mati. Salah satu contohnya mungkin adalah karya tulis. Kalo di sekolah gue, lo bakal disuruh bikin karya tulis sesuai dengan tema yang udah lo ambil, dan nantinya presentasi di depan penguji yang bisa dibilang killer. Itu, karya tulis, kalo sedikit aja ada kesalahan, baik itu dari segi penyajian, atau dari segi penjelasan, pasti tuh kartul bakal di lempar, di coret-coret, dicaci, dihina, atau diapain lah yang bisa bikin hati kesel. Dan saat hal ini terjadi, lo cuma harus kuat. Kuaaat, men.

Katanya sih, hal itu dilakukan untuk melatih murid-murid biar ntar pas kuliah ga kaget, karena nanti di kuliahan bakal lebih sadis kalo nyajiin kartul dengan penyajian yang buruk. Oke, alasan itu bisa cukup diterima, tapi tetep aja sakit, men. 

Mungkin cukup dukanya. Kita beralih ke suka-nya.

Hmm...

...
...
...

APA COBAAAA?!!!

Oke, sukanya mungkin... Mungkin... Ah, asli gabisa nemu.

Sejujurnya, kadang gue suka mikir. Kayaknya gue ga cocok ada di IPA. Karena nyatanya gue ga bisa survive di sana. Gue ga bisa tahan dengan pelajarannya, gue ga bisa tahan dengan tugasnya, atau apapun segalanya yang berkaitan. Gue suka envy sama anak IPS yang kayaknya pelajarannya tuh JAUH lebih mudah ketimbang eksak di IPA. Terbukti dengan lomba-lomba yang berhasil dimenangin, lebih banyak IPS daripada IPA.

Tapi sejujurnya juga, jauh dari lubuk hati gue yang paling dalam, gue suka IPA. Gue suka matematika, gue suka fisika, gue suka kimia. Gue cuma ga suka aja karena selama ini yang gue pelajarin cuma keabstrak-an rumus-rumus, atau teori-teori yang bikin kepala mumet. Gue ga bisa bayangin itu semua, gabisa sumpah... Gue butuh praktek. Gue butuh sesuatu yang real dari pelajaran-pelajaran itu. Biar gue juga paham, gimana that f*ckin' rumus bisa bekerja atau dipake. Haaaah, gue sedih.

Dan... kesulitan diatas cukup membuat gue stress. Ya, gue stress dengan semuanya. Gak jarang gue ngalamin tremor karena stress yang gue alami. Itulah mengapa, kalo di IPA lo harus kuat, biar ntar jadinya gak kayak gini. Dan gue menyadari, ternyata gue gak cukup kuat, guys.

Tapi ini udah kelas 11. Gak mungkin juga gue pindah ke IPS. Yang harus gue lakukan sekarang adalah bertahan. Bertahan dengan waktu yang tinggal sebentar, yang gue sendiri gak yakin gue bisa mengejar semua ketertinggalan gue, atau ngga.

Oke, mungkin itu aja yang bisa gue bagi ke kalian semua, tentang cerita gue selama hampir 2 tahun gue berada di kelas IPA. Semoga aja, gue bisa bertahan disana, dan sesulit-sulitnya pelajaran, semoga gue bisa mengatasinya. Amin. Dan semogaaa.. Gue ntar keterima di FSRD ITB. Yeee!!! Love that faculty so much.

Amin. Amin. Amin.

Yang punya kritik, saran, atau mau cerita juga, boleh sok di kolom komentar. Jangan sungkan-sungkan, gratis, kok. Hehe. Yaudah deh, kalo gitu.

Bye! See ya next post, guys!

Comments

  1. Haha...iya Semangat IPA. saya juga disuruh sma Ipa, ntar abis UN bentar lagi... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap-siap aja deh kuatin mentalnyaa.. Hoho.

      Delete
  2. Nasib kita ternyata sama, gue juga nyasar di kelas ipa. Dan gue adalah orang paling idiot di kelas. Awal semester 2 kemarin gue mau pindah ke IPS, tapi gak bisa karena gue udah kelas 11. Kurang setahun aja sih, gak masalah. Terus gue bisa bernafas lega.

    Untung, gue sekelas sama sahabat gue dari SMP. Itu membuat kelas gue jadi paling rame, dan goblok. Eh, kelas gue gak goblok, cuman gue aja. Banyak siswa di kelas gue yang sukses di OSN, ada juga yang udah ke jepang. Ceritanya ada di blog gue #IniPromosi

    Kalo menurut gue sih, masa SMA paling mengesankan. Gak perlu di galauin mau masuk jurusan apa, soalnya ini udah takdir K-13.Banyakin kenangan di sekolah, baik-buruk semuanya lakuin aja. Asal gak ngerugiin orang lain.

    ReplyDelete
  3. haha, untung gue kemarin anak IPS, jadi nga ngerasain pelajaran anak IPA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, anak IPS terlihat sangat enjoy ._.

      Delete
  4. Woho, tulisan ini bisa menjadi referensi dan membuat gue menjadi lebih, lebih, dan lebih tertarik buat ngambil jurusan IPS nantinya. Ga bisa nge-banyangin masuk IPA :o. Dan jujur, ane lebih suka hafalan :)

    ReplyDelete
  5. percayalah menjadi anak IPA itu kereeen, hihi tapi ya tergantung sama minat juga sih. ngga bisa dipaksain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Keren sih keren, tapi kalo gabisa ya susah juga~

      Delete
  6. Pas kelas X aku minta naik ke kelas XI IPS, tapi nyatanya malah XI IPA karena nilai ku condong di eksakta..

    Padahal aku benci banget sama pelajaran Kimia, yasalam sampek UN jugak ngga ngerti-ngerti..

    Belom lagi persaingannya yang rata-rata pada obsesi banget dapet nilai tertinggi.. Fyuh.. Aku lelah.. :'

    ReplyDelete
  7. Semua ada suka-dukanya... tenang aja, ane juga pernah merasakan apa yang telah kamu rasakan.... he :D Tapi boong... karena ane dulu IPS... hahaha :D


    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) pojok Bumi Kayong, Ketapang-Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. dulu jaman SMA nyasar masuk IPA, stress? iya, karena emang ga suka. apalagi sama fisika dan matematika, benci banget.
    masuk kuliah mau ngambil sastra inggris malah masuk Fisika, Fisika murni pula. Udah bebas dari mulut buaya, eh malah masuk ke mulut anaconda ._. dan stressnya 100x lipat daripada SMA. Belum pernah belajar banting tulang ampe kaya gitu seumur hidup. Lelah, Jenuh, yaaaa yang begituan lah pokoknya, tapi yang bikin berat ninggalin fisika karena temen-temennya yang baik dan lingkungan yang kondusif.

    tapi Alhamdulillah sekarang udah jadi sarjana sains XD
    hasil dari 7 tahun bergelut : jadi bener-bener menghargai yang namanya proses dan kerja keras.

    Semangat buat Aiman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Aku suka sama cerita kamuuu... Keren bgt ya, lu bisa menghadapi semua itu dan sekarang lu jadi bergelut di bidang itu. Haha.

      Gue jadi ingin berusaha lebih keras lagi.
      Biar terbiasa dengan semua 'kekerasan' itu. Haha

      Thx for the story, btw :))

      Delete
  10. Tergantung sekolah sama anaknya juga sih. Kalo IPA-IPA AN buat gengsi doang mah hadeeee no coment!

    ReplyDelete
  11. Tergantung sekolah sama anaknya juga sih. Kalo IPA-IPA AN buat gengsi doang mah hadeeee no coment!

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool