Nulis

Damn.
It's been a long time since i didn't do any shit right here.
and now. i come back. with no reason lol.

Kangen. Cuman ya gimana. Gatau juga mau nulis apa. Karena menurut gue, blog udah garame. Ga serame dulu yang kalo di komunitas sehari aja bisa nyampe beberapa orang yang posting. Orang-orang blog sekarang udah pada pindah ke youtube. Bena, Alit, Kevin. Whoa. Mereka lebih concern ke youtubenya sekarang, daripada blognya. Jadi ya, ga asik. Ngapain juga gua nulis di blog kalo gaada yang baca ya, kan?

Youtube, youtube, youtube, lebih dari blog.

Cerita aja. Sekarang gua udah kuliah kalo kalian gatau. Gue kuliah di salah satu univ swasta di bandung dan gua masuk jurusan DKV. Lu tau kan jurusan dkv? Anak blog keterlaluan kalo gatau jurusan itu. Karena gua tau jurusan itu ya karena gue blogging.

Sedikit kesan tentang dkv, dkv itu berat. Berat di tugasnya. Tugasnya bejibun. Tugasnya ngeluarin banyak duit buat beli cet, kuas, palet, ya semacam itu lah. Satu tugas lo bisa sampe ngerjainnya seminggu. Itu juga kalo lo mau tugas lo rapih dan dapet nilai A. Tapi kalo lo maunya biasa-biasa aja, ya satu hari juga bisa lah ya. Tapi itu pasti bakal chaos banget. Yaa, dua hari lah minimal buat dapet nilai 70an.


Contoh tugas yang paling booming di jurusan dkv adalah nirmana. nih gue jelasin dikit proses ngerjainnya.

1. Lo harus bikin sketsa gambarnya dulu. Biasanya diminta 5 sketsa. Tapi kelas gue suka gamampu gitu bikin 5 sketsa. Sampe akhirnya diturunin jadi 3. Tapi karena kelas gue parah banget, ada yang sampe ngerjain satu sketsa doang. Dan gue termasuk orang itu. Hm. Kalo beruntung, sketsanya bisa langsung di acc, kalo ngga, lo harus ngulang sketsa lo, atau mungkin perbaikin sketsa lo, sampe dosen-dosen sepakat dan menorehkan tanda tangannya di sketsa buatan lo.

2. Nah, yang kedua, lu gabisa puas disitu. Masih ada tahapan selanjutnya. Habis sketsa lo di acc, lo harus warnain sketsanya. Dan ya, lagi dan lagi, lu harus bikin 3 pewarnaan dari sketsa yang udah lo buat. Terus minta acc lagi sama dosennya. Dan lo harus ngerjain warnanya pake cat poster. Yang satu botol cat posternya tuh bisa makan duit sekitar 14 ribu. Dan lo harus beli banyak kayak biru, merah, kuning, putih, hitam. Pokoknya warna-warna dasar itu.

Terus ntar lo oplos warnanya, bikin gradasi dari warna dasar yang lo punya, Bikinnya juga biasanya harus 9 gradasi. Jadi ya, kudu ekstra sabar lah ngoplos-ngoplos gini mah.

Kalo dosennya baik, lo bisa bikin warnanya di corel or photoshop. Itu jauh lebih gampang kalo menurut gue. Tapi, karena dosennya ga baik, jadi ngerjainnya manual -.-

3. Nah, kalo lo udah di acc warnanya, lo bisa lanjut ke tahap akhir. Yaitu memindahkan sketsa lu ke kertas gloria berukuran 40x40. Intinya dibikin ulang di kertas yang lebih gede. Nah, disinilah kesabaran, ketekunan, keuletan lo diuji. Lu harus santai banget ngerjainnya. Harus rapih ngerjainnya. Karena ya, ini kan tahap akhir dimana tugas lo bakal dinilai.

Kalo lo gawoles, kayak misalnya ngerjain mepet deadline, pasti tangan lu bakal tremor dan catnya meleber-meleber. Atau lu salah ambil warna catnya, atau yang lebih parah lagi, lu nyenggol air buat nyuci kuas lo dan akhirnya airnya tumpah ke tugas lo. Itu terparah sih, dan gue pernah :')

4. Kalo udah selesai kertas gedenya, lu harus tempelin kertas itu di duplek sesuai format yang dikasih dosen, lalu tempelin kop nama, dan menutup tugas lo dengan kertas roti. Kalo udah kayak gitu, itu berarti tugas lo udah siap untuk dikumpulin, dan siap dinilai.

Ya begitulah kira-kira. Itu juga baru satu doang tugasnya. Masih banyak tugas-tugas lain yang bikin cape sekali. Menggambar of course, tiap minggu pasti ada aja yang digambar, kayak gambar kaki, gambar orang, gambar binatang, perspective, dll. Dan biasanya ga cukup sehari ngerjainnya, jadi kudu di pr-in. Dan ada juga tugas literasi visual yang lo harus bikin 100 sketsa tentang tema yang dosen kasih dan harus diwarnai dengan warna yang menarik nan inovatif dengan material yang ada. Kalo ngga, ya nilainya kecil :)

Yang gue pelajari dari jurusan ini adalah, it's all about kerapihan. Percuma karya lo sebagus apa, ide lo sebagus apa, kalo garapih hasil akhirnya, nilainya ya seadanya. Dan gue bukan tipe orang yang suka rapih, jadi gue cukup kesulitan,

Contonya nih, kalo lo nempelin sesuatu, lemnya tuh gaboleh sampe keliatan kayak mengering di luar bidang. Sedikit aja itu terjadi, udah ngurangin nilai. Ga boleh ada coretan, noda, bekas sidik jari, atau apapapun itu yang mengotori. Terus kalo motong duplek harus pake cutter tajem. Kalo keliatan dupleknya ga rapih, kayak ada bulu-bulunya gitu. Udah deh nilai lo dikurangi. Dan ya, lebar aja gitu kalau nilai lo berkurang hanya atas ketidak-rapihan yang lo buat.

Udah ah capek. Ini gue males masukin gambarnya. Harus nyari dulu di google. Lu nyari sendiri aja ya. Kan udah gede juga hehe. Yak. Makasih udah baca. Salam dkv! Wkwk.

Comments

  1. Etapi mana contoh tugas yang udeh lu bikinnyaa.. -_- #Penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk. gue kan udah bilang gue males masukin foto. cari aja yak di google. banyak. maap ini antara niat dan ga niat ngeblog. mengisi kekosongan blog yg udah berdebu aja.

      Delete
  2. Banyak blogger yang udah bermigrasi ke YT dan dunia blog udah mulai ditinggalkan? Nah, ini tugas kita untuk membuat dunia blog berjaya kembali :D.

    Lah, DKV tuh begituan toh? Ga jadi ke DKV dah :v. Gambar orang aja kayak gambar jerapah ane :v. Ane kira kayak buat-buat desain PS atau Illustrator :v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ntar pas semester selanjutnyaaaa

      Delete
  3. kuliah tuh emang gak ada yang gampang yah. #fyuh

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool