what is passion

yak.
nulis lagi. alhamdulillah yah.
karena, entah mengapa gue kepikiran akan hal ini secara tiba-tiba.

so, yaudah lah langsung aja gausah bacot.

orang-orang suka bilang, lakuin sesuatu sesuai passion, kuliah sesuai passion lu, blablablablabla. well, i think, i don't actually have (yang orang2 bilang sebagai) 'passion'. iya. gue bingung sama passion gw sekarang. tapi.... kata orang-orang passion itu penting. jadi gmn dong.

i told ya kalo passion gw adalah 'designing something', gambar, desain grafis. tapi ternyata gw salah. kalo kata orang2 passion itu adalah hal yang kalo lo ngerjain lo gapernah ngerasa capek, dan lu akan selalu suka ngerjainnya..... ternyata itu gak berlaku untuk hal2 yang udah gua kira passion tadi. gua gapernah seneng ngerjainnya. gapernah ga seneng juga sih, kebanyakan menderita. tugas2 kerasa beban, etc. pokoknya jauh lah kalo dibandingin sama definisi passion.

gw malah mengorbankan masa sma gue untuk hal yang gue kira passion (re: desain grafis dan teman-temannya). tapi ujung-ujungnya kok gini. kesel juga. ga kesel banget sih, cuman kerasanya jadi useless.

satu hal yang gue tau, i'm a dreamer. tapi dengan passion gue yang berubah-ubah, kek annoying gitu loh. banyak banget dari pas gue kecil, cita-cita gue berubah mulu. terus yang gue tau lagi (berarti gw tau dua hal), gue anaknya gampang curious terhadap sesuatu. terhadap seseorang. kayaknya tuh, semua yang udah terjadi, terjadi (yah, bingung gak lo) karena ke-'curious'-an gue. dan kayak gue merasa hidup gitu loh kalo emang curiousity gw terpuaskan. gw seneng mempelajari hal baru. tapi kalo gw udah bisa, kek gue gak tertarik gitu loh untuk jadi expert. bingung kan lo.

gw kasih tau dah ya list cita-cita gue dari pas kecil sampe sekarang.

1. insinyur alias arsitek - why arsitek? simple. gw kepingin punya rumah bagus, gw pingin bikinin rumah buat ayah dan ibu gue (waw, mulia sekali), gw selalu impressed dengan rumah-rumah bagus yang gue lihat di jalanan. dan gue ingin aja rumah keinginan gue bisa kebangun dengan nyata.

gw masih inget banget, waktu gw masuk sd, gw dipanggil ke depan, terus ditanya, "cita-citanya mau jadi apa?", dan gw dengan lantangnya sembari memegang mic menjawab, "arsitek!" dan semua orang pun tertawa karena suara gw cempreng af, dan gw lucunya setengah mati. hahaha.

gw masih inget karena terbayang di memori gw, ibu gw selalu nyeritain ini ke temen-temennya dan rasanya kek bangga banget nyeritain gw mengucapkan cita2 gw dengan lantang.

2. komikus - gue suka gambar, gue suka bikin komik, dan ada temen gue yang suka gambar dan bikin komik juga. namanya agni (hai agni). karena ada temen, itu men-'encourage' (anjay) gue untuk lebih ingin menjadi komikus.

gue terinspirasi menggambar sejujurnya dari kakak gue, onit. dia juga suka bikin komik pas dia sd. dia suka mewarnai. dan karena gue anaknya suka ikut-ikutan, ya gue jadi belajar. gue liatin. dan gue suka kesel karena gw gapernah melebihi kemampuan menggambarnya. hahaha. tapi sekarang alhamdulillah sedikit terlampaui. karena dia udah jarang gambar.

3. chef - gue suka liat master chef. dan kayaknya seru aja gitu lo bisa masak semua makanan yang ada di dunia.

tapi cita-cita ini bertahan hanya sebentar, karena pada suatu saat, gw masak air, dan gosong. oke. sip.

4. duta lingkungan - wey. gila gak.

jadi ceritanya, gw dulu suka nanem bawang daun. terus gw suka rawat bawang daunnya dengan sepenuh hati. lalu terlintaslah di otak gue untuk menjadi duta lingkungan. padahal mah lebih cocoknya jadi petani. sosoan sih emang.

5. ahli matematika - ini juga gila. hahaha. setelah gw sadari gw gasuka matematika sekarang.

ini terlintas gara-gara nilai UN sd gw sempurna alias 10 (makasih bu joeny). lalu gw merasa keren. merasa tambah keren lagi karena gw satu-satunya anak kelas B yang nilainya 10. Sisanya kelas A yang which is b aja~

tapi cita-cita ini terhenti karena..... aljabar datang. HAHAHA. i hate al jabar.

6. blogger dan penulis - yaaaa. dunia smp adalah dimana gw mengenal yang namanya blogging. dan gw seneng blogging pada waktu itu. gw apdet mulu, gue masuk komunitas, dll. gw kenalan sama temen-temen blogger. seneng banget blogging tuh.

temen-temen smp gue juga pada tau gue nge-blog dan suka pada baca juga, dan suka pada nungguin postingan baru juga. seneng kan? seneng ih.

sempet kepikiran pingin jadi penulis juga, karena udah banyak banget anak-anak blogger yang udah ngerilis buku, kek Alitt, Bena, Kevin Aggara (yang dimana lo tau mereka sebagai yutuber kan), dan komunitas juga udah pernah ngeluarin buku.

Temen gw yang bernama Shafa juga kayak pernah bilang ke gue kalo dia mau bikin buku juga (sekali lagi, kalo ada temennya, gue pasti ke-boost), dan gue udah sempet bikin draft-nya, tapi baru dikit banget. Pas gue mau liat dan ngelanjutin, gue lupa password word-nya, kan bege.

7. desainer grafis - yay. ini sih kayaknya yg terakhir.

gw tau desain grafis tbh dari blogging. dulu orang2 tuh kek suka bikin vector art di blog. suka bikin ilustrasi terus dipajang di blognya. nah, akhirnya gue penasaran kan. gue coba2, gue liat yutub, gue nonton tutorial bikin vector art (yang kebanyakan tuh dari channel 'ndop', makasih loh), dan akhirnya gue bisa.

lu bisa liat dah gmn perjalanan gue bikin vector art di blog ini. dari yang awalnya kek kayak orang melepuh, sampe akhirnya bisa cukup smooth lah.

nah, dari situ jadi belajar corel, jadi belajar bikin logo, bikin desain kaos. ga jarang juga suka bikin poster kalo ada event di sekolah. dan dulu ngerjainnya masih ikhlas-ikhlas aja karena masih belajar, terus tau kalau newbie :)

udah deh. begitu.

kalo gue pikir-pikir nih ya, masa kelas 12 kayaknya yang ngehancurin semuanya deh. i mean, kelas 11 gw kayak masih adem ayem gitu loh kalo ngedesain. terus gara-gara kelas 12 dan harus belajar, jadi gapernah bikin gituan lagi. dan sekalinya bikin jadi males.

dan kelas 12 tuh kayak frustasi gitu loh karena gue gak ada yang ngerti pelajarannya. gue mengesampingkan study gw pas kelas 10 dan 11 untuk hal-hal yang gue senangi pada waktu itu. yaitu ya tadi, desain grafis, sama videografi dikit-dikit.

well, yang salah gue sih. gue gabisa balance. tapi yaudah,udah lewat juga. hahaha.

satu hal yang gue sedihkan, semua cita-cita itu kek lapur gitu aja. gue sekarang bener-bener ga tau cita-cita gue dari segi hal profesi, sebenarnya mau jadi apa.

gue mau masuk sastra inggris aja, gue gak mau bilang itu sebagai passion. karena, ya bukan.

gue harus give up ga sih sama hal ginian? i mean, is that really important? i mean, sepenting itu kita harus merasa 'cinta' sama pekerjaan kita?

untuk sekarang sih, point of view gue, gue gak peduli gw bakal jadi apa nanti. yang penting ya selama gw bisa ngerjainnya dan i passionate about it (walaupun bukan passion, passionate mah harus), i think that isn't really a problem.

jadi, kalo menurut lo gimana? kasih wejangan dong woi.

***

bekal untuk memberi wejangan:

aiman orangnya suka kepo. suka pingin tau. aiman orangnya suka mempelajari hal yang baru. kalo pernasaran, PASTI dilakuin. kalo dari awalnya ternyata udah mulus, ya lanjutin sampe bisa. kalo ngga, yaudah, pasti gabakal dilanjutin. contohnya, aku udah pernah nyobain dreamweaver, nge-hack, google sketch dan teman-temannya. tapi aiman stuck. jadi ga dilanjutin.

aiman kepo, karena aiman melihat orang bisa melakukannya. aiman kepo, karena hal itu terasa keren baginya, dan aiman merasa keren kalo bisa melakukan hal yang keren. contoh: aiman bisa menggambar karena kakanya menggambar, aiman bisa main tenis meja, karena kakaknya main tenis meja, aiman suka edit video, karena ngedit video itu keren dan inspirasi aiman adalah benakribo. aiman belajar gitar, karena kakaknya main gitar. aiman pernah nyari komunitas wall climbing karena ternyata wall climbing keren dan membuat adrenalinnya terpacu. aiman bisa bikin vector, karena menurut dia bikin wajah orang jadi kartun itu keren.

dan lagi, sekarang aiman lagi belajar gambar realis karena menurut dia gambar bisa mirip sama aslinya itu keren. bisa gambar bagus dan memperhatikan detail itu keren. dan aiman melakukan itu bukan karena dia pingin jadi 'tukang gambar', artist, or whatever. tapi karena dia liat kalo itu sesuatu yang keren untuk dia lakukan untuk dirinya sendiri. dan dia ingin tau aja dia bisa atau ngga. tapi orang lain aja bisa, masa aiman ngga. jadi dia sedang berusaha.

terakhir, kalo aiman udah bisa, kalo rasa penasarannya udah terpenuhi, dia pasti gak bakal peduli lagi sama apa yang udah dia kerjain. dia gak minat buat jadi expert di bidang itu. yaudah. udah bisa. menurut dia cukup-cukup aja. soalnya standart dia ya bisa ngelakuin apa yang orang udah kerjain. dan kalo udah mencapai itu, rasanya puas-puas aja.

kayak nulis. nih sekarang dia nulis, dia gak peduli sama besar kecil huruf, dia gak peduli belepotan, padahal dulu dia merhatiin banget kalo nge-blog. dia suka baca lagi berulang-ulang sampe perfect. lah sekarang mah ogah.

dia juga udah gasuka main corel. karena bosen. karena udah bisa. karena ya udah ga menarik lagi bagi dia.

sekarang sih dia bilangnya suka videografi, tapi bikin video aja cuma ada di kepala doang. realisasinya kayak males gitu.

aiman anti guru, guru club. dia gabutuh guru tentang memuaskan rasa penasarannya. i mean, butuh. cuman bukan kek yang les dimana-mana gitu loh. memanfaatkan media aja lalu bereksperimen sendiri, trial and error.

dan gara-gara itu, aiman jadi mikir, masih haruskah aiman kuliah? hahaha.

***

well, asli. kasih wejangan ya netizen yang baik. anonim ge bae. ditunggu loh.

Comments

  1. ya, jadi kamu harus berusaha ya. ini gaada yg komen jir sedih. udahlah. capek.

    ReplyDelete
  2. udah seru bacanya, terus penasaran sama komennya, taunya ngga ada. jadi aku komen. haha. *lalu aiman bilang: yaelah sekalinya ada yang komen malah kaka guwe -_-" wkwk

    btw, kamu udah baca ini belum aiman: http://prawitamutia.tumblr.com/post/164570664217/pada-akhirnya-passion-adalah-gairah-perasaan .. itu yang nulis temennya temen aku, dan kesimpulannya cukup keren sih menurutku.

    terus baca juga nih satu lagi http://prawitamutia.tumblr.com/post/163216367842/penting .. semoga bisa membantu.

    kenapa aku nyomot kesimpulan dari orang lain, soalnya aku setuju sama tulisannya. terus sebenernya aku juga lagi ada di titik gak tau mau jadi apa. haha. jadi kalo dari pengalaman sendiri, malah jadi ngga 'talk the walk' gitu deh. hahaha.

    intinya mah, jangan berhenti berjalan untuk mencari. juga jangan berhenti berjalan setelah apa yang dicari itu didapet. inget manusia itu harus bertumbuh man. eh, na. (ke diri sendiri maksudnya)

    ReplyDelete
  3. Man hayang komen wkwk. Aku juga mirip mirip gini tauu. Jadi dulu juga aku mau ngeblog tapi terus bosen, terus aku belajar Photoshop, Sai pas udah bisa bikin poster yaudah gitu. Malah ke sini sini aku sama sekali gamau gabung kepanitiaan yg bagian grafis, bosen banget kerjaannya begadang ngedit poster tapi sering ga dihargainya, asal ganti desain (baperan maafkan). Terus aku sempet mau jadi programmer juga soalnya dulu penasaraan banget kenapa di komputer bisa ada programnya. Pas udah paham, udah aja good bye, ngga minat lagi. Nah sekarang kan aku masuk arsi, seneng sih desain, tapi aku tuh kayak merasa beban banget kalo udah harus bikin maket, gambar yg terukur dan gaboleh distorsi lalala. Jenuhhhh banget. Suka mikir, plis lah urang masuk sini mau desain, kerjaan kayak gini mah bisa sama komputer (walau sekarang suka rebel gitu pake aplikasi aja, tinggal tracing).

    Tapi man, setelah ku sadari, ternyata aku bosen Photoshop, bosen programming tuh karena aku sekedar mempelajari mereka. Waktu kuliah, aku tiba tiba pengen banget bikin game biologi, soalnya semasa SMA pengen banget ada yg kaya gitu tapi gaada di play store. Jadi belajar Java lagi kan, nah jadinya lebih masuk gitu man soalnya aku ngerasa itu bakal aku perluin untuk bikin game yg aku pengen. (Tapi sekarang harus fokus kuliah dulu, lanjutnya baru pas libur).

    Nah jadinya aku mau jadi pebisnis man soalnya aku pengen bikin hal hal yg bermanfaat gitu, yg dulu aku greget pengen ada itu. Berhubung jurusan aku arsi, jadinya aku pengennya bisnis properti.

    Jadi intinya, bisa jadi bosen itu karena kita ngga tau make skill itu buat apa lagi. di kuliah aku tuh sering banget ditekenin kalo yg perlu dilakukan itu desain dulu, baru teknis. Jadi tentuin dulu mau bikin apa, baru tentuin caranya gimana. Tapi bukan berarti ngga boleh penasaran, boleh banget untuk memperbanyak skill.

    Sepertinya malah bikin main bingung ya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool