Bandung Oh Bandung...


Bandung sekarang beda banget sama Bandung yang dulu. Kalau dulu tuh bandung seger, aman dan sejahtera. Sekarang? Bandung udah terserang polusi dimana-mana, Orang jahat juga banyak banget. Bisa2 bandung jadi "Jakarta Versi 2" Nih. Jangan sampai kayak gitu deh.

Gue punya beberapa pengalaman saat gue di bandung, yang gue sendiri jadi mikir,"kok masih ada sih orang kayak gini?" Orang yang gak ramah tamah sama sesama penduduk, Orang yang seenaknya sama orang lain, dll. Udah deh, daripada gue ngawur sendirian, mending gue ceritain pengalaman gue ini.


Cerita 1

Ini terjadi saat mau buka puasa, gue disuruh ngejemput bibi gue yang ada di metro, dan beli es kelapa muda buat buka. Akhirnya gue ketemu sama bibi gue dan nganterin dia pulang ke rumahnya. Tinggal beli es kelapa muda di Kelapa Muda langganan gue yang letaknya agak jauh dari situ.

Eh taunya, jalan menuju ke sana macet banget. Maklum kali yah, udah mau maghrib jadi orang2 buru2 mau pulang. Akhirnya gue belok kanan tanpa disertai lampu sen, soalnya lampu sen gue lagi rusak saat itu. Jalanan yang macet, buat gue susah buat belok, ditambah lampu sen gue yang rusak, jadi tambah susah. Gue terjebak di tengah2 pertigaan, pokoknya gue ngehalangin jalan banget. Tiba2, ada orang yang teriak dari dalem mobilnya, 
"REK KAMANA SIA ANJING!!!" 
Dia ngomong keras banget. Dan kayaknya itu ditujukan ke gue. Gue langsung majuin motor gue, dan langsung ngacir saat kemacetan mereda.


Gak tau kenapa gue tiba2 nangis, mungkin karena gue kaget dan takut, reflek air mata gue keluar. Mungkin emang gitu ya jadinya kalau orang yang arogan punya mobil. Serasa jalan punya nenek moyang sendiri aja. Gak mau berbagi sama orang lain.

Cerita 2

Kalau kejadian ini, terjadi di angkot saat gue mau pergi ke rumah temen gue. Gue saat itu lagi duduk manis di ujung kursi angkot deket jendela, eh tiba-tiba 2 anak punk masuk. Make banyak anting di telinganya. Gue udah mulai takut dan punya feeling gak enak saat mereka masuk.

Akhirnya mobil jalan. Eh, lama-kelamaan isi angkot makin penuh dan gue harus desek-desekan sama penumpang yang lain. Dan ternyata, salah satu anak punk itu ada di samping kanan gue. Gue langsung ketakutan, dan berusaha untuk geser ke kiri supaya anggota tubuh gue gak ada yang nempel sama dia.


Dan ternyata, ada penumpang lagi yang masuk. Angkot makin penuh.Si anak punk yang deket gue pun, akhirnya beradu siku sama gue. Ah rasanya pingin mati saat itu juga. Badannya bau dan kampungan banget.
Gue mencoba ngehirauin rasa takut yang ada dalam benak gue.

Tiba-tiba, ada tangan yang noel2 pinggang gue, dan udah pasti si anak punk yang ngelakuin itu. Gue gak tau harus ngapain, akhirnya gue ngehirauin dia. Eh tangan di malah noel2 pinggang gue lagi, dan kakinya nyenggol-nyenggol kaki gue. Gue natap sinis ke dia. Dan sialnya dia malah ketawa gak jelas.
Beberapa lama kemudian, dia noel gue lagi. Gue udah mulai kesel plus takut saat itu. Tangan gue gemeter. Tiba2 dia nanya,
Punk: "mau kemana?"  
Gue: "ke rumah temen". 
Punk: "emang gak takut naik angkot sendirian..?" 
Gue: (takut, gara2 ada lo!) "Nggak lah." 
Punk: "Puasa?" 
Gue ngangguk. 
Punk: "Kok puasa kayak gitu sih?" 
Gue diem. Tangan gue makin ngegeter. Takut diapa-apain. 
Punk: "Itu ayahnya?"Dia nunjuk ke penumpang laki-laki tua yang ada di depan gue.Gue nge-geleng.
Akhirnya gue sampe di tempat tujuan gue. Gue akhirnya turun dari angkot. Sumpah, pas mau ngasihin uang ke supir, tangan gue gemeteran banget gara2 si anak punk itu yg ngebuat gue takut. Gue akhirnya selesai bayar. Dan angkot pun maju. Si anak punk itu langsung nge-dadahin gue dari jendela. Najis!

Masih ada aja ya orang yang kayak gitu? Yang so' kenal so' deket, noel2 seenaknya. Gak punya malu tuh orang.Untung aja kejadiannya siang-siang, Kalau malem-malem, gue gak tau akhirnya bakal kayak gimana. Mungkin gue bakal jadi korban pencabulan. Astagfirullah.

Cerita 3

Ini kejadian terakhir, terjadi saat gue pulang dari temen gue. Untung pas pulang, di angkotnya gak ada anak punk kayak tadi lagi. Kalo ada, mungkin gue udah mati ketakutan gara-gara kejadian itu.

Gue turun di jembatan metro margahayu, gue harus jalan lagi lumayan jauh buat nyampe ke rumah gue.
Saat dijalan, tiba-tiba gue ketemu sama bapak-bapak gak terlalu tua juga sih.

Dia tiba2 ngomong ke gue,
Bapak: "Teh, saya mau minta tolong, saya mau sholat, saya mau jual beras ini, kalau boleh teteh bisa ngasih saya 48.000 buat biaya melahirkan istri saya di bidan.Sekarang kan bulan puasa, pahala kita pasti dilipat gandakan. Tolong teh."
Mukanya melas banget, gue kasian. Tapi saat itu gue cuman bawa uang 30.000 doang.
Akhirnya gue jawab,
Gue: "Maaf, saya gak bawa uang segitu..." 
Bapak: "Buat melahirkan istri saya teh, yaudah kalau gak mau, saya pergi aja. Assalamu'alaikum" 
Gue: "Waalaikum salam"
Gue ngerasa bersalah banget. Lagian kenapa dia minta2 ke gue yang masih bocah? mana mungkin gue bawa duit banyak2 cuma buat ke rumah temen doang?
Gue ngeliat ke belakang. Dia diem sambil ngeliatin gue. Gue makin gimana gitu ngeliat dia kayak gitu..Rasanya gak enak aja.
Gue ngeliat lagi ke belakang, dia masih melakukan hal yang sama ke gue.

Akhirnya gue terus jalan...
Tiba2 ada orang lari2 ke arah gue dari belakang. Gue ada feeling kalo yang lari2 si bapak-bapak itu. Dan ternyata bener.
Bapak: "Teh... Teteh...Teteh.."
Gue ngeliat ke belakang. Si bapak2 tadi lagi lari2 nyusul gue. Akhirnya gue berhenti jalan. Dan dia pun akhirnya  ada di hadapan gue.
Bapak: "Teh, sok atuh dibeli beras saya, berapa aja deh. seiklashna teteh."
Gue mikir, duit gue kan gak sebanding sama uang buat melahirkan istri si bapak.
Bapak: "Ayo teh, seiklasnya aja gak apa2"
Yaudah akhirnya gue kasih aja uang 20.000 buat dia.
Bapak: "Makasih teh, walaupun uangnya kurang, tapi gak apa2... Apa kah teteh ngasih uang ini sebagai shodaqoh? Ngasih? atau beli beras?"
Gue pun langsung niatkan dalam diri, dan jawab,
Gue: "Shodaqoh" 
Bapak: "Yaudah, itu berasnya... buat teteh makan..."
Gue kasian juga, duit yang gue kasih kan gak cukup. Sementara dia cuman bawa beras itu aja buat dijual untuk melahirkan istrinya. Akhirnya gue ngambil tindakan.
Gue: "Yaudah, iya, berasnya bawa aja sama bapak..." 
Bapak: "Beneran? nanti ada nasi buat makan gak?" 
Gue: "Ada kok..." 
Bapak: "Beneran teh ya... Jangan boong loh... Sekarang kan bulan puasa... Gak boleh boong. Bener teteh ada nasi buat makan nanti, jangan karena uang teteh dikasih ke saya, teteh jadi gak makan..." 
Gue: "Iya, bener kok. Saya bisa makan nanti." 
Bapak: "Yaudah. Makasih ya teh. Assalamu'alaikum" 
Gue: "Waalaikum salam"
Gak tau kenapa gue nangis saat gue ngasih uang ke bapak2 itu. Gak nangis juga sih, hanya sekedar berkaca-kaca. Gue cuma berharap aja pahala gue dilipat gandakan saat itu. Dan orang tadi adalah malaikat yang menguji keimanan gue. Amin Ya Allah...

***

Itu ketiga cerita gue, gue masih heran kenapa masih ada orang yang sombong, yang seenaknya, juga yang kekurangan di dunia ini? tak terkecuali di Bandung ini. Gue makin ngerasa gak aman dan takut buat tinggal di bandung gara-gara kejadian 1 dan 2. Dan gue makin prihatin melihat masih banyak nya orang yang kekurangan yang contohnya ada di kejadian 3. Gue pingin penduduk di Bandung ini sejahtera.

Gue pingin Gubernur bandung ngebuat Bandung menjadi aman, tentram, dan sejahtera kembali. Gak seperti sekarang, yang cuma bisa ngebuat penduduk bandung jadi makin takut, dan gak sejahtera. Gue cuma pingin Bandung menjadi lebih baik lagi, menjadi bandung yang bener-bener Paris Van Java. Semoga :')

Comments

  1. Yang cerita dua serem banget..

    ReplyDelete
  2. Aamiin! Duh, saya jadi kangen bandung nih, tapi kalau ada kejadian kaya gitu ya takut juga...
    By the way, salam kenal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus hati-hati ajalah.. Yang kayak gitu mah dimana-mana juga bisa..

      Delete
  3. mungkin kamu musti belajar beladiri kayak karate, wingchun dan sejenisnya biar gak digodain sama brandalan.
    Kalo aku jadi kamu, aku akan ngegampar itu anak punk biar kapok trus langsung turun dari angkot

    pacboy16.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Bandung euy... jadi pingin ke sana

    ReplyDelete
  5. Sempat mampi berkali-kali di Bandung, tapi belum syah.. karena belum foto di depan gedung sate.. hehehe :D itu sate ayam apa kambing ya ?? he :D

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemula asal Jogja, gak suka marah apalagi mencela, sukanya ketawa dan membuat orang lain bahagia, semoga berkenan berkenalan dengan saya, haha :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool