Weird, Freak, But Cool


Pernah gak sih ngeliat orang aneh? Kayak misalnya suka ngomong sendiri sama tembok, lari-lari gak jelas sambil ketawa-ketawa.. Atau liat orang yang gendut, muka yang beragam. Pasti pernah lah yaa.. Dan apa yang ada dibenak kalian pasti 'ih ngapain sih tuh orang aneh banget', bisa jadi kalian bakal ngejauhin dia, dan mengkucilkannya.

Tapi pernah juga gak ngeliat orang aneh bisa ngelakuin sesuatu yang 'waw'?

For example, gue punya kakak kelas.. Namanya Mirai. Bukan mirai ocha yang diiklanin sama titi raju bintang kok, bukan. Ada temen gue yang bilang, hobi dia tuh baca kamus, kamus b.inggris. Tiap lembar demi lembar dia baca kata-kata dan artinya. Gue yang ngedenger langsung bilang, 'hah? baca kamus? Ngapain coba'. Lo kalo denger kayak gitu juga pasti berfikir yang sama kan? 'Ngapain lah baca kamus, kayak gak ada bacaan lain yang lebih berkualitas aja. Kenapa harus 'kamus banget' gitu? It's sooo weird!'

Tapi di sisi lain, keanehannya itu membuat dia bisa menang lomba b.inggris dimana-mana. Like speech, scrabble, strory telling, etc. Intinya lo mau ngapain juga, ber-aneh-aneh ria, atau ber-geje-geje ria, it's okay. Yang penting, lo bisa membuat sebuah keanehan lo menjadi sebuah kelebihan yang gak bisa dimiliki oleh orang lain.

Dari cerita kakak kelas gue, gue jadi mikir. Banyak orang-orang yang bilang gue 'bengeut'. Tau bengeut? bengeut itu bahasa sundanya muka, tapi kasar. Biasanya mendefinisikan sebuah muka seseorang yang 'gak banget'. Kayak gini mih misalnya:

Soooo Bengeut! =))
Gara-gara gue suka dibilang gitu, akhirnya gue mikir, 'kira-kira sebuah prestasi apa ya yang bisa gue hasilkan dari si 'bengeut' ini?' Beberapa tahun kemudian, gue pun mendapatkan jawabannya. Karena di sekolah, gue ber-KPMP (Kelompok Pecinta Mata Perlajaran) B.Inggris, gue berniat untuk total kalo nanti bakal ada lomba story telling, dan pokoknya gue harus ikut lombanya B-)

Why story telling? Karena kan, story telling itu butuh mengkarakterkan lebih dari satu tokoh, dan tentunya setiap tokoh mempunyai ekspresi yang berbeda-beda untuk ditampilkan. Dan alhamdulillah wa syukurillah, disitulah kelebihan gue, gue bisa mengkondisikan wajah gue dengan ekspresi unik yang beragam, karena gue adalah manusia dengan sejuta ekspresi! :)

Nah, semua itu pasti harus gue lakukan dengan sebuah KEPERCAYAAN DIRI. Kalo misalnya gak pede sama kelebihan lo, sama aja sia-sia. Dunia gak bisa melihat lo yang sebenarnya, lo yang hebat matematika, hebat gambar, dll. Itu cuma bisa lo rasakan sendiri, publik gak bakal tau kehebatan lo.Lebar sekali, kawan.

Kepercayaan diri, atau self-confidence itu penting. Kekuatannya dahsyat banget. Seaneh-anehnya kita, atau segeje-gejenya kita, kalo kita percaya kita bisa berprestasi dengan ke-anehan itu, pasti bisa. Tapi jangan cuma ngomong, harus dibuktikan juga dalam bentuk nyata. Ejekan-ejekan orang pun bakal jadi angin lalu aja kalo kita bener2 percaya sama diri kita. Kekurangan bisa jadi kelebihan kalo kita bisa memaksimalkannya dengan baik. Intinya sih bersyukur dengan apa yang udah dikasih sama Allah :)


Gue juga sebenarnya suka malu, grogi, kalo ngomong di depan kelas atau menyampaikan pendapat di forum besar. But, gue mikir, ngapain malu? Kalo udah kedepan pasti gak bakal diinget atau diomongin lagi sama orang.. Kalo ada kesalahan, pasti orang-orang cuma ketawa. Kalo udah selesai, pasti di tepuk tangan-in kok! Dan akhirnya dengan dorongan postif itu, gue bisa acung tangan dan mempunyai keberanian untuk berbicara.

Self-confidence itu, bakal muncul kalo kita bener-bener percaya sama diri kita. Kita sendiri yang harus ngedorong diri untuk bisa maju, ngelawan semua mental block. Mau disemangatin sama orang juga, kalo dalam diri lo gak ada keinginan, sama sekali gak bakal ngaruh.

So, gak usah minder sama 'kekurangan' lo. Gak usah peduliin lah orang yang ngejek lo begini-begitu, ya gak? Toh, semua manusia juga punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Gak ada manusia yang sempurna, kalaupun ada, itu tuh cuma abal-abal doang. Lagian cape kalo harus jadi orang yang perfecto, mending jadi diri sendiri aja.. B-)

We are the champion, my frieeendd..
Last, gue cuma ngomong kalo self-confidence juga harus disertai sama ilmu dan kemampuan. Ilmu dan kemampuan itu lah yang bikin kita tambah pede. Coba kalo kita lagi presentasi, ada yang nanya ini-itu, tapi kita gak bisa jawab. Kan bakal jadi down juga nantinya.. So, jangan berhenti buat nyari ilmu, gak usah jauh-jauh ke buku, mengamati lingkungan sekitar, atau kejadian sehari-hari juga bisa lo jadiin buat bahan belajar. Jadi orang pinter itu gak rugi, dan gak akan pernah rugi :)

Okeh, segitu dulu kali postingan gue kali ini. Inget! Lo gak boleh minder sama keanehan yang lo punya. Yang penting lo bisa punya prestasi dari semua itu. Dan jangan lupa sama self-confidence! Itu penting beut, kalo anak-anak gaul bilang. Dan harus rajin-rajin nyari ilmu, biar wawasannya luas, dan jadi orang pinter. Kalo gitu kan, lo juga bakal dihargai sama orang-orang.

Kalo misalnya ada tambahan atau kritik, atau saran, bisa tulis di comment box yaa.. Karena itu adalah penghargaan tersendiri bagi gue.. :) See you next post, guys! Keep reading! :*

Comments

  1. hasek bener kok.. dulu gue kagak terlalu percaya diri ngelakuin apapun terutama masalah di kelas hahah. nggak tau akhirnya kebiasaan aja selaw maju duluan urusan mati belaangan hahahaha

    ReplyDelete
  2. gue pingin coba berprestasi, tapi gak ada kesempatan ikutan lomba ;w;

    ReplyDelete
  3. gue rada bingung mau berprestasi di bagian mana sama ke-weird-an gue yang nginjak titik maksimal wks -_-

    ReplyDelete
  4. Temen saya ada yang weird tapi ga ada prestasinya, XD

    ReplyDelete
  5. keren nih. inspiratif banget

    btw, boleh minta folbek blog nya gak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)