Cuma Tentang Nge-Blog

Nge-blog emang mudah bagi sebagian orang, tapi ngga bagi gue. Mungkin karena emang menulis bukan passion gue, jadi ya terasa sulit untuk dijalani.

Menurut gue, nge-blog itu bisa menjadi suatu buku diary. Dimana, gue bisa mencurahkan segala isi hati gue, apa yang gue pikirin, dll. Pokoknya segalanya hal tentang gue. Tapi gue juga inget, bahwa blog itu bukan cuma sekedar diary. Blog itu ya, semacam diary yang liberal. Alias, semua orang, bebas baca. Seluruh pelosok dunia, bisa baca blog gue. Kalo emang mau.

Dan, hal itulah yang bikin gue jadi sulit untuk nge-blog. Gue memikirkan, gimana caranya biar orang-orang tertarik terhadap apa yang gue tulis, biar orang-orang gak pernah bosen baca cerita-cerita gue, dan tiap hari, pinginnya buka blog gue mulu.



Namanya orang, ya beda-beda karakter. Beda pun selaranya. Kadang, gue takut kalo ada orang yang gak suka sama tulisan gue. Atau, nulis kritik pedes di kolom komentar. Apalagi, kolom komentar gak ada yang isi. Itu pedih, bung.

Kadang gue suka iri sama blog yang tiap hari banyak yang ngunjungin, dan banyak yang komentar, tanpa naruh link di suatu forum. Apa sih yang buat mereka bisa kayak gitu? Diseganin pembaca, dapet banyak e-mail dari pembaca, followers melimpah, jadi idola banyak orang, dll. Pasti rasanya keren banget. Walaupun gue tau, mereka juga memulai semua itu dari nol.

Jadi ya, gue cuma bisa sabar aja sama proses yang udah gue jalanin. Bertahan. Mungkin itu kunci utamanya. Dan, emang bener. Dari kisah-kisah ngeblog gue selama ini, gak sedikit kok hal buruk yang gue alami. Dan hal yang terburuk adalah, waktu Adsense gue dicabut. Gue sampe terpuruk. Tapi ya, akhirnya gue nyadar. Gak ada yang peduli juga sama iklan yang gue pasang di blog. Yang gue harus terus lakuin adalah, terus ngisi blog ini. Selama yang gue bisa.

Hal yang paling gue benci dari nge-blog adalah, gue terlalu mengandalkan mood. Yang akhirnya membuat gue jadi gak cukup konsisten. Padahal, hal itu bukanlah hal yang boleh dimiliki, untuk seorang gue yang ingin jadi blogger professional.

Pas lagi di tengah-tengah nulis, eh tiba-tiba mood gue ilang. Dan membuat gue menunda dulu post itu. Akhirnya, terbentuklah draft. Di hari lain, gue dapet ide baru dan terlalu males untuk ngelanjutin post sebelumnya. Tapi ternyata, suatu hal terjadi dan menganggu kegiatan nulis gue. Post itu pun jadi draft lagi. Minggu berikutnya, punya ide baru lagi. Jadi draft lagi. Begitupun seterusnya. Total sekarang, ada 5 draft yang ngebangke gitu aja. Mau dihapus juga, rasanya sayang aja. Soalnya udah nyampe tengah.

Dan karena itulah, gue selalu berusaha buat nulis suatu post dengan tuntas. Kalo ngga ya, draft nambah lagi.

Oh man, baru aja dibilangin. Sesuatu menggangu menghampiri gue lagi. Yang mengharuskan gue untuk menunda postingan ini. Semoga gak jadi draft ke 6 ya, doa'in biar sukses dialnjutin lagi.

*klik "Simpan" --> Sign out blog --> Close browser.

Oke, akhirnya postingan ini kelanjut lagi. Dan, gue jadi bingung mau ngelanjutin gimana. FYI aja, postingan ini ngebangke selama 2 minggu selama jadi draft. Rasanya malessss banget buat ngelaanjutin. Tapi ternyata, selama gue gak posting apa-apa, tiap hari blog ini bisa nyampe 200 pengunjung tiap harinya. Gue tau itu, karena semuanya berkat salah satu postingan tutorial gue.

kalo lo cari di google dengan keyword "wifi bermasalah windows 7", blog gue akan muncul di baris ke 5 dan pejwan. Ah senangnya, ternyata bikin postingan tutorial itu sangat membantu bung.

Udah ah, gue capek. Gak ada ide banget buat ngelanjutin nih postingan. Masalahnya nih postingan, postingan curhat. Dan pikiran gue untuk membahas postingan ini udah kosong. Dadah semua, jangan bosen-bosen main ke blog gue ya, jangan lupa komen juga. Muah.

*Btw, pagi ini gue cukup frustasi karena speedy instant di rumah tiba2 kudu login (asalnya gratis). Dan harus bayar goceng buat internet seharian. Gue sebagai orang yang suka internetan tapi gak suka buang2 duit buat internet, merasa terpuruk. Tapi akhirnya sebuah ide terlintas. Dan berkat kepintaran dan kegigihan gue, rasanya gak cukup sulit untuk menembus sebuah portal masuk speedy. And, gotcha! Gue bisa intenetan lagi. Oh iya, gue juga masih bisa buka vimeo yang katanya udah di blokir. Gue gak tau kenapa, tapi begitulah kenyataannya.

Comments

  1. Perbanyak latihan dan membaca demi tulisan lebih baik. Gak semua orang bisa lewatin masa - masa sulit begini. Cuman ada dua pilihan sih, terus menulis senyaman yang kita bisa atau berhenti dengan terpaksa.

    ReplyDelete
  2. Wah keren bisa sampe 200-an pengunjung per hari, bahkan kalo ngga ngepost. Itu berarti udah mulai keren dong. Kalo gue sih, ngeblog ya ngeblog aja dulu. Biarlah orang berkata apa. \:p/
    Salam kenal yaa, gue Adi. Baru pertama main ke sini nih. \:D/

    ReplyDelete
  3. udah deh santai aja adsense ditarik masih ada affiliate :D atau paling engga ibn juga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sayangnya gue udah gak tertarik sama yang begituan ._.

      Delete
  4. Iya, setuju banget. Kadang suka mikir-mikir dulu dan akhirnya malah nggak jadi ngepost.
    Tapi yang penting konsisten dulu aja deh, pasti besok bisa jadi sukses kok. Amin.

    ReplyDelete
  5. Ah kutipan Pram itu yg bikin saya semangat terus ngeblog. Meski beda generasi, kalau kita baca karya-karyanya PAT, pasti bakal semangat deh buat terus nulis, khususnya ngeblog.

    ReplyDelete
  6. Kita sama, nulis di blog kalau lagi pengen doang :(
    Semangat!

    ReplyDelete
  7. Ceritanya sama banget :( Tapi kunjungan di blog gak pernah sehari sampe ratusan. Setahun aja baru 500an hit:(

    ReplyDelete
  8. Iya mungkin sebagai blogger awam, masih harus sering main ke blog temen-temen. sering blogwalking gitu malah bikin inspirasi menulisnya muncul lho :))

    ReplyDelete
  9. betul tuh!! setuju ama mbak Ashima.. :)
    dulu gua males banget kalo BW, tapi ternyata BW itu bikin kemampuan nulis gak bergantung ama mood :)

    ReplyDelete
  10. Apalagi, kolom komentar gak ada yang isi. Itu pedih, bung.

    memang pedih... pedihhh

    ReplyDelete
  11. soal visitor blog gue paling 50-100 orang doank tiap harinya kalau gak ada posting yang baru. Iya soal tutorial memang membantu, apalagi blog itu memang khusus tutorial.

    ReplyDelete
  12. wah gimana tuh cara biar bisa buka vimeo? pengen dong tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga gak tau. Tergantung amal mungkin, haha

      Delete
  13. Ngeblog menurut kata hati aja, jangan pikirin orang lain suka atau gak yang penting tulis. Toh, blog itu kan punya kita, bodo amat aja.. :D

    ReplyDelete
  14. Memang agak sulit kalo ngejalanin sesuatu nggak sesuai passion. Keep Blogging!

    ReplyDelete
  15. Gue izin save gambar yang ada qoutenya itu ya :)
    btw, brarti lu jago juga ya SEO. itu artikel tutorial lu ada di pejwan :D

    btw, follback blog gue ya ==>
    nafarinm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue sih sebenarnya gak cukup ngerti apa itu SEO atau blabla.. Cukup alhamdulillah blog gue ada di pejwan :D

      Delete
  16. hahaha tetap semangART, percayalah semua blogger juga merasakan hal yang sama. mereka yang tidak tahan perlahan menghilang dari dunia blog. Nggak ada tulisan jelek selama masih bisa dibaca orang lain :D salam kenal gue rian, admin http://semutboy.com/

    ReplyDelete
  17. kadang nulis itu selalu tergantung sama mood.. dulu blog ane kebanyakan nulis apa yang harus ditulis.. yaaahhh.. sekena nya gitu deh... ehhh.. skarang malah campur aduk blognya... tapi.. its okay.. yang penting masih bisa ngeblog... Tul ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool