Tutorial Membuat Vector Art! (Kartun)

Saturday!!! Yeaaay! \m/
Sesuai namanya, mungkin hari sabtu emang hari yang digunakan buat duduk-duduk alias bersantai. Dan dari sekian banyak waktu bersantai itu, gue pake buat ngisi blog ini. Hoho. Supaya rada produktif gitu..


Oke, cukup basa-basinya, sesuai judul di atas, kali ini gue mau bagi-bagi tutorial cara bikin vetor art. Buat yang udah sering main ke blog gue, pasti tau vector art itu apa. Dan buat yang belum tau, gue jelasin dikit deh.

Seni vektor itu, suatu seni yang kalo gue liat sih, mengubah foto jadi sebuah kartun. Setau gue, ada 4 jenis vector art. Vector real, Vector cartoon, Vector lineart, sama.... 1 lagi gue lupa. Hehe. Kalo mau liat contohnya, bisa cari di google ya.. Hehe

Nah, kalo disini, gue mau bagi-bagi tutorial vector cartoon. Alias mengubah wajah seseorang di sebuah foto, jadi terlihat seperti kartun, tapi masih terlihat mirip kayak aslinya. Gue bikin vector art pake CorelDRAW X6, tapi kalo misalnya kalian punya yang versi lama, oke gak masalah. Karena ya, cuma beda dikit doang.

Dan, yang bikin gue termotivasi bikin postingan tutorial ini karena permintaan temen-temen, dan semangat yang dikasih sama temen-temen juga :D


Sedikit cerita, asalnya gue mau bagi-bagi tutorial pake video punya gue sendiri alias buat. Tapi, karena gue sendiri belum terlalu mahir, jadinya ya rada susah. Dan setiap gue videoin, akhirnya malah gagal. Yasudahlah.. Akhirnya gue berniat untuk nge-share video yang gue pelajari aja. Video-video ini punya seseorang bernama ndop. Takut gimana-gimana, akhirnya gue minta izin dulu. Dan.. dibolehkan!! Yeay.

Oke, langsung aja kalo gituuu, cekidot..!!

PART 1


PART 2


PART 3


PART 4


Buat yang belum bisa CorelDRAW, mungkin bisa belajar basicnya dulu:



Dan kalo mau liat selengkapnya video-video dia (ndop), mungkin bisa klik disini.
Atau kalo mau liat video tutorial yang lain, bisa lah nyari-nyari di youtube, banyak kok!

Sedikit tips dari gue, kalo bikin vector art itu harus dilakukan dengan penuh KESABARAN. Karena kadang, suka males tracing, atau coloring. Dan buat pemula, kalo hasil vector perdananya jelek, jangan putus asa. Terus kembangin! Pasti bakalan bagus kok akhirnya. Gue juga dulu gitu. Keep try kalo saran dari gue mah.

Mungkin segitu aja dari gue, selamat ber-vector riaaa.. Gue tunggu hasilnya vectornya yaa.. Daah! :D

Comments

  1. Mau nyoba, tapi belum punya corel-nya :D

    ReplyDelete
  2. keren...pengen banget praktekin tapi terkendala waktu.maklum bapak rumah tangga #alesan #dilemparkeyboard

    ReplyDelete
  3. wah useful banget nih...thanks ya tutornya....

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Yap, betul sekali. Gue aja pertama nyoba kewalahan ._.

      Delete
  5. Kakak ndop emg keren! Vektoria idoal gue haha, karya-karyanya keren banget apalagi yg real vector

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, karya-karyanya emang keren. Tapi gak tau kenapa gue kurang suka orangnya sih :/

      Delete
  6. Pingin banget nyobain tapi nggak punya Corel Draw :| *galau*

    ReplyDelete
  7. Pas banget temen kemarin ada yang nanyain bisa vector apa enggak. Makasih nih udah bagi info, langsung share link abis ini ke dia xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha makasih. Kalo bisa sih, share ke semua temen lo aja :D

      Delete
  8. keren keren. makasih kak tutorialnya. gue cobain bikin ahh hehe, kan keren banget tuh kalo bisa bikin vector wajah sendiri wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, semangat ya. Semoga berhasil :D

      Delete
  9. Gue udah berpaling dari vector, huahaha susah T_T

    ReplyDelete
  10. dulu gue lumayan kekeh apa-apa pakai corel, sekarang malah berpindah jadi anak bitmap hehehe :D

    ReplyDelete
  11. vector itu sejenis karikatur kah? maaf, orang awam hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu ngejawab ya, vektor itu gmbr yg dibuat dgn menggunakan software berbasis vektor. contohnya coreldraw. :D

      Delete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool