Mungkin Ini yang Bikin Malas.

Minggu pagi ini (1 Juni 2014), gue menyadari akan sesuatu. Sesuatu yang selama ini gue pertanyakan. Kenapa sih, gue suka males sekolah? Kenapa sih males banget ngerjain tugas? Kenapa sih, rasa males gak pernah pergi dari hidup gue?? Dan kenapa, di sekolah gak ada semangat sama sekali?


Dan akhirnya, pertanyaan-pertanyaan itu dijawab dengan mudah oleh suatu perkataan. Suatu hal yang emang sering gue lupakan dan ditinggalkan. Yang dari situ, akhirnya gue tau dan nyadar.

Mungkin kalian pun sering merasakan hal yang sama, kaya misalnya males sekolah, males kuliah, gak semangat lah, apalah. Ya kan? Dan lo juga bingung kan kenapa lo terus-terus-an kaya gitu?

Nah, berhubung gue anaknya baik, gue mau share nih. SATU CARA AMPUH, biar lo ngejalanin hari-hari lo dengan semangat, gak males-malesan lagi. Karena lo tau sendiri kan, males itu penyakit yang harus kita buang jauh-jauh dalam diri.

Dan langsung aja, ini dia jawabannya:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdulloh bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu Az Zanad dari Al A’raj dari Abu Hurairah radliallohu ‘anhu bahwa Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan dan syaitan mengikatkannya sedemikian rupa sehingga setiap ikatan diletakkan pada tempatnya lalu (dikatakan) kamu akan melewati malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak. Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu’ maka lepaslah tali yang lainnya dan bila ia mendirikan sholat lepaslah seluruh tali ikatan dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan seperti itu, maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktifitas”.
(HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Udah tau kan sekarang jawabannya? Udah tau kan, apa yang harus kita lakukan biar gak males-malesan lagi? So, kalo udah tau, ya lakuin lah. Gak mungkin juga kan kita ngisi hidup ini dengan penuh kesia-siaan. Rugi coy.

(Sumber) diedit dikit
Mungkin kali ini, segitu aja yang bisa gue share. Untuk selebihnya, mungkin lo bisa renungin sendiri lebih jauh (kalo mau). Bye! Happy Sunday! Semangat! :)) 

Comments

  1. Asik bener ngebahasnya. Sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  2. Benar nih. Pengen banget ngehilangin rasa malas :(

    ReplyDelete
  3. bener sih :v , hampir rata rata sholat isa yang paling jarang

    ReplyDelete
  4. Dzulkifli Abdul Hanif Izharuddin6/01/2014 7:02 pm

    Bener juga, bangun siang jadi malas :D

    ReplyDelete
  5. iya Kak, gue juga sama terkadang kenapa males banget buat ngejalanin aktifitas di pagi hari. dan ternyata itu yang menyebabkan kita berat sekali buat ngejalanin aktifitas. kuncinya berarti cuman satu, solat tahajud, biaar bisa ngilangin rasa males di pagi hari.

    gambar yang di akhir itu nyyindir gue banget -____-
    tapi nice post! bermanfaat banget

    ReplyDelete
  6. hmmm..makjlebbb.. tapi emang Subhanalloh ya mbak.. kalo di kaji secara ilmiah hadits diatas pasti terbukti 1000% kaitannya dengan rasa malas sama manusia..

    ReplyDelete
  7. ummm. Yah, mungkin tiap agama mengajarkan cara yang berbeda untuk mengatasi rasa malas

    ReplyDelete
  8. kenak banget deh di gambar yang terakhir.
    Thanks udah di ingetin kembali.

    ReplyDelete
  9. Semoga kita dijauhkan dari rasa malas :D

    ReplyDelete
  10. Oh, begitu caranya ngilangin males? pantesan tiap hari males mulu.

    ReplyDelete
  11. wah islami banget postingan nya, terimakasih sudah mengingatkan, haha kalo abis begadang terus ketiduran kan kebablasan shubuhnya :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Sepucuk komentar yang kamu tulis menjadi penghargaan tersendiri buat gue.. So, jangan lupa komen ya, setelah baca postingan ini.. :)

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi PC Yang Tidak Bisa Mendeteksi WiFi (Windows 7)

Aiman Imtihanah (About Me)

Weird, Freak, But Cool